Rifan Financindo | Portofolio Saham Anjlok Terus, Mending Jual Atau Cuek Aja?

Rifan Financindo | Portofolio Saham Anjlok Terus, Mending Jual Atau Cuek Aja?

Rifan Financindo – Jakarta Portofolio saham pasti ada kalanya berwarna merah alias anjlok. Sebagai investor pemula, terkadang kebingungan harus mengambil langkah apa. Mending jual atau pertahankan?

Perencana Keuangan Ferdie Darmawan mengatakan investor harus melihat terlebih dahulu jenis saham apa yang anjlok tersebut. Jika merasa tak ada lagi potensi di saham itu, jangan ragu untuk cut loss atau lepas saham tersebut daripada rugi semakin besar.

“Kalau belinya saham aneh-aneh, yang nggak jelas, tentu ya nggak bisa didiemin, dibanding kita rugi seterusnya ya sudah, harus berani cut loss,” katanya dalam program d’Mentor detikcom, Selasa (9/3/2021).

Jika saham yang sedang anjlok tersebut memiliki potensi besar atau blue chip, disarankan untuk biarkan saja. Untuk diketahui, saham blue chip adalah saham yang sudah mumpuni di bursa dengan kinerja yang baik dan konsisten sepanjang masa.

“Kalau memang sahamnya blue chip sebenarnya didiemin aja, toh bedanya saham sama instrumen lain seperti forex misalnya itu kan sistemnya kontrak, tapi kalau saham kan hak milik kita, jadi didiemin, berharap aja pada saat ekonomi pulih itu balik selama perusahaannya bagus, bukan perusahaan yang aneh-aneh,” sebutnya.

Ferdie yang juga sebagai Founder Halo Duit dan Chairman Power of One Network yang memberikan edukasi finansial bagi masyarakat, justru mengaku memanfaatkan kesempatan harga saham yang anjlok untuk ‘belanja’ saham.

“Kalau saya jutsru pada saat COVID gini saya belanja saham banyak banget. Kalau saya karena sudah prepare di awal justru saat ini kita bisa beli saham dengan harga diskon, jadi saya malah mau beli (daripada jual),” jelasnya. ( Mbs-Rifan-Financindo-Berjangka )

Lihat : Rifan Financindo
Sumber : finance.detik