Rifan Financindo ; Sukses dengan Presentasi Bisnis

0_IMG_2386.jpg

Rifan Financindo- Bisnis merupakan suatu hal yang memerlukan keahlian khusus agar bisa dijalankan dengan baik. Kemampuan manajemen adalah hal yang sangat diperlukan mulai dari menajemen perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), pelaksanaan (actuating), hingga evaluasi dan pengawasan (controlling). Dalam tulisan kali ini akan membahas mengenai pentingnya perencanaan atau planning dalam suatu peresentasi bisnis.

Perlunya presentasi bisnis

Presentasi bisnis dilakukan untuk memaparkan materi atau informasi tentang sebuah badan usaha atau kegiatan kepada pihak kedua dengan menggunakan media presentasi bisnis. Tujuan melakukan presentasi ini pun sangat beragam seperti untuk menarik investor, mendapatkan pinjaman modal dari suatu lembaga dan masih banyak lagi. Melalui presentasi bisnis, calon mitra kerja dapat melihat kinerja perusahaan secara keseluruhan. Oleh sebab itu, presentasi bisnis mesti dilakukan dengan planning atau perencanaan yang matang.

Persiapan pelaksanaan presentasi bisnis bukan hanya semata penyiapan materi yang akan disajikan kepada calon mitra kerja, melainkan persiapan fisik dan emosional orang yang akan melakukan presentasi. Orang yang mempresentasikan harus benar-benar memiliki kemampuan yang sangat baik dalam berbicara dan menarik minat para penilai presentasi tersebut. Selain itu, diperlukan pengetahuan dasar tentang kepada siapa anda akan presentasi, sehingga anda tahu ?target? semacam apa yang akan anda hadapi dan bagaimana mengantisipasi pertanyaan-pertanyaan yang mungkin muncul.

Tips sukses perencanaan presentasi

Planning atau perencanaan presentasi memerlukan persiapan yang sangat matang agar bisa berjalan dengan baik. Berikut ini beberapa tips dalam melakukan perencanaan presentasi.

  • Menyiapkan materi

Materi yang wajib dipersiapkan antara lain soft copy yang berupa power point dan hard copy yang berupa berkas materi presentasi. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi masalah kritik terhadap presentasi yang dilakukan. Power point sangat diperlukan oleh orang yang akan melakukan presentasi di depan peserta agar peserta bisa memahami point-point penting yang wajib diketahui. Selain itu materi pembahasan dalam bentuk hard copy perlu disediakan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, misalnya, mati lampu atau masalah pada alat presentasi (meskipun sesungguhnya anda harus mempersiapkan alat presentasi cadangan).

  • Mempersiapkan diri

Planning yang terpenting selanjutnya adalah mempersiapkan diri. Ketika anda ditunjuk sebagai orang yang akan mempresentasikan materi, maka mulailah mempersiapkan diri dengan cara berlatih. Cara paling mudah yang bisa dilakukan adalah dengan berbicara di depan cermin sehingga anda bisa mengetahui mimik wajah yang pas saat mempresentasikan materi. Anda juga harus menguasai materi yang akan disampaikan sehingga bisa menarik minat peserta presentasi. Dengan mempersiapkan diri, anda pun bisa menjawab pertanyaan oleh peserta dengan mudah karena sudah sangat menguasai materinya.

  • Penilai presentasi

Hal yang tak kalah penting lainnya adalah mengetahui siapa yang akan menilai presentasi anda. Misalnya saja penilainya adalah pemilik saham atau pemilik modal. Tentunya anda harus bisa menyesuaikan diri agar dinilai baik oleh mereka. Menggunakan bahasa yang formal serta berpenampilan yang soan adalah kunci utamanya. Anda pun harus terlihat meyakinkan terlebih lagi jika tujuannya adalah untuk mendapatkan modal.

  • Evaluasi hasil

Langkah terakhir yang harus dilakukan adalah mengevaluasi hasil presentasi. Jika presentasi yang dilakukan berhasil mewujudkan tujuan anda, maka presentasi tersebut telah dikatakan sebagai presentasi yang baik. Namun jika anda tidak berhasil mewujudkan tujuan yang telah direncanakan, mungkin ada suatu hal yang salah dari presentasi tersebut sehingga diperlukan evaluasi hasil.

Demikianlah hal-hal yang perlu dilakukan dalam melakukan planning presentasi. Perencanaan yang dilakukan dengan baik tentunya akan memberikan hasil yang baik pula. Maka dari itu, tips-tips tersebut harus dilakukan agar semuanya berjalan sesuai keinginan. Namun dibalik semuanya, kemampuan dalam melakukan presentasi merupakan hal yang paling utama. -Rifan Financindo.