Rifan Financindo | UMKM Mau Makin Cuan? Simak Tips Ini

Rifan Financindo | UMKM Mau Makin Cuan? Simak Tips Ini

Rifan Financindo – Jakarta Menjalankan usaha seperti halnya UMKM bukanlah hal yang mudah. Perlu sejumlah strategi agar bisnis berjalan dengan baik. Lukas Iwan Setiadi, yang merupakan purnabakti Finance Director Group United Tractors mengatakan, terdapat empat faktor penting yang mendorong lakunya produk dan jasa pada usaha yang dijalankan. Sebutnya, pertama, lokasi jualan yang strategis.

Dia mengatakan, lokasi menjadi faktor yang mempengaruhi lakunya produk yang dijual, seperti dekat sekolah, perkantoran, rumah sakit, dan lain sebagainya.

“Faktor kedua adalah strategi menetapkan harga jual, para pelanggan akan membeli produk atau jasa kita apabila harga yang ditawarkan masih dalam batas wajar dan terjangkau,” katanya dalam keterangan tertulis, Rabu (26/5/2021).

Faktor ketiga yang dapat mempengaruhi lakunya produk yang kita jual adalah kualitas yang ditawarkan. Contohnya, untuk usaha yang bergerak di bidang kuliner menjual produk yang enak, segar, dan higienis atau usaha yang bergerak di bidang jasa seperti laundry di mana baju yang dicucinya harum dan rapi.

“Faktor terakhir agar usaha yang kita jalan laku adalah dengan meningkatkan pelayanan yang kita berikan untuk pelanggan, seperti pelayanan yang cepat, ramah, bisa dilakukan secara digital, dan lain-lain” kata Lukas.

Dia juga menambahkan, kunci pengelolaan finansial yang matang adalah perlunya pencatatan dan kontrol terhadap seluruh biaya, baik uang masuk maupun keluar. Hal ini menjadi faktor penting dalam mengatur arus kas usaha yang dijalankan.

“Perlu adanya perhitungan yang matang terkait dengan biaya-biaya yang dibutuhkan sebagai operasional dalam menjalankan usaha kita, seperti menentukan pengeluaran yang kita butuhkan, contohnya barang apa saja yang akan dibeli beserta harga dan kuantitasnya, minta diskon jika perlu apabila kita membeli barang dalam jumlah yang banyak dan jangan lupa untuk dicatat semua pengeluaran tersebut,” ungkapnya.

Lanjut halaman berikutnya.

Sementara, Human Capital, General Support dan Corporate Communication Director FIFGROUP, Esther Sri Harhajati mengatakan, adanya pandemi COVID-19 saat ini menjadi pukulan keras bagi seluruh pengusaha terutama bagi pelaku UMKM.

 “Disiplin dalam melakukan pencatatan keuangan sangat penting dilakukan oleh seluruh pelaku UMKM, pencatatan keuangan menjadi faktor penting dan merupakan pondasi kuatnya sebuah usaha untuk bisa bertahan dalam kondisi krisis seperti yang terjadi saat ini. Melakukan perencanaan dan pengelolaan keuangan dapat meningkatkan efektivitas dan efisiensi pelaku UMKM dalam menjalankan usahanya,” kata Esther. ( Mbs-Rifan-Financindo-Berjangka )

Lihat : Rifan Financindo
Sumber : finance.detik