Rifanfinancindo | 9 Alat Tes Corona ‘Massal’ Mendarat Hari Ini

Rifanfinancindo | 9 Alat Tes Corona 'Massal' Mendarat Hari Ini

Rifanfinancindo  –  Jakarta Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menyiapkan 10 laboratorium yang dilengkapi alat penguji massal virus corona. Satu alat akan dipasang di Rumah Sakit Pertamina Jaya, dan sembilan sisanya baru tiba di Indonesia hari ini.

“Alhamdulillah saya dapat laporan Wamen hari ini 9 sudah unit mendarat selain satu yang sudah ter-install,” kata Erick dalam teleconference, Selasa (7/4/2020).

Erick mengatakan, dengan adanya alat itu maka pengujian virus corona bisa dilakukan lebih dari 1.000 per hari. Erick bilang alat itu tidak hanya dipasang di Jakarta, namun juga daerah lain yang memerlukan.

“Kita sudah memastikan 10 lab yang kita beli yang bisa tes di atas 1000 orang per hari kita akan install tidak hanya Jakarta. Tapi Jawa Tengah, Jawa Timur, Jawa Barat, Banten, dan provinsi lain,” ujarnya.

Sebelumnya, Erick mengatakan, alat tes massal ini didatangkan dari Swiss. Bahkan, dalam keterangannya alat ini bisa menguji sampai 1.300 kali per hari.

“Kami di Kementerian BUMN terus berperan aktif membantu menangani pasien Covid-19 serta melakukan upaya-upaya pencegahan penyebarannya. Untuk menangani Covid-19 ini, tes menjadi sangat penting, minggu ini mesin untuk memproses hasil tes Covid-19 di RSPJ dapat segera digunakan. Mesin yang sanggup membaca lebih dari 1.300 tes per hari itu merupakan bentuk sinergi dari sejumlah BUMN,” jelas Erick.   ( Mbs-Rifan-Financindo-Berjangka )

Lihat : Rifanfinancindo

Sumber : finance.detik