0

Rifanfinancindo | Harga Emas Melonjak Kembali Ke Kisaran 1,300 Pasca NFP AS

Rifanfinancindo – Harga emas melonjak di sesi perdagangan akhir pekan, Jumat (09/Maret) malam ini. Hal itu karena ekspektasi pasar akan penurunan angka Non Farm Payroll AS terkonfirmasi; bahkan jauh lebih rendah daripada perkiraan. Akibatnya, Dolar AS yang sudah tumbang sejak sesi perdagangan sore gara-gara data ekonomi China, kian merosot pasca laporan tersebut.

emas

Departemen Ketenagakerjaan AS melaporkan bahwa pada bulan Februari 2019, kenaikan Non Farm Payroll AS hanya mencapai 20,000 jobs, meleset jauh dari ekspektasi 180,000. Terlebih lagi, data NFP AS yang pada bulan Januari yang direvisi naik dari 304,000 menjadi 311,000, kian membuat angka NFP AS bulan kemarin menjadi sangat buruk.

Dolar AS pun terpukul. Indeks Dolar (DXY) tergelincir 0.24 persen ke 97.36 pasca rilis data Ketenagakerjaan AS. Sebaliknya, harga emas mendapat angin untuk kembali menyentuh level 1,300 walaupun hanya sesaat. Melemahnya data ekonomi AS akan mempersulit langkah The Fed untuk kembali menaikkan suku bunga. Sementara harga emas cenderung akan menguat apabila rencana kenaikan suku bunga bank sentral AS tersebut terhambat.

Namun demikian, menurut ulasan Jim Wyckoff dari Kitco.com, sebagian pihak berspekulasi bahwa NFP AS pada bulan Maret ini akan menunjukkan lonjakan signifikan, membalas penurunan yang terjadi pada bulan Februari. Lagipula, data ketenagakerjaan AS lainnya seperti Average Hourly Earnings dan Tingkat Pengangguran tidaklah buruk. Keduanya masih lebih tinggi daripada ekspektasi, dengan Average Hourly Earnings yang naik ke 0.4 persen dan Tingkat Pengangguran yang turun ke 3.8 persen.

Menyusul laporan tersebut, harga emas futures naik 0.9 persen hingga sempat breakout ke atas ambang 1,300. Sayangnya, kondisi tersebut tak berlangsung lama, karena kemudian, harga emas futures turun lagi ke kisaran $1,297.75. Kenaikan harga emas tampak mencolok dalam grafik XAU/USD di bawah ini. XAU/USD tampak melompat 1.08 persen ke level 1,299.00 saat berita ini ditulis.   ( Mbs-Rifan-Financindo-Berjangka )

Lihat : Rifanfinancindo
Sumber : seputarforex

Tinggalkan Balasan