Rifanfinancindo | Hasil Pemilu Australia Mengejutkan, AUD/USD Menguat

Rifanfinancindo – Dolar Australia menguat dan menciptakan gap naik pada pembukaan perdagangan hari Senin (20/Mei) menyusul kemenangan pemerintah konservatif pada Pemilu yang diadakan akhir pekan lalu. Pair AUD/USD saat ini berada di kisaran 0.6911 atau berusaha menjauhi level terendah 4 bulan yang tersentuh pada hari Jumat pekan lalu pada 0.6864.

Hasil Pemilu Australia Mengejutkan,

Indeks Dolar (DXY) secara umum bergerak stabil di level 97.97 atau berada pada kisaran tertinggi sejak Mei 2017. Kondisi fundamental AS yang dinilai pelaku pasar lebih kokoh dibandingkan kawasan lain terutama ditengah hiruk pikuk perang dagang dan perlambatan ekonomi global menjadi sentimen yang menyokong pergerakan greenback selama beberapa minggu terakhir.

Hasil Mengejutkan Pemilu Australia Dukung  AUD

Penguatan dolar Australia di awal pekan sebagai bentuk reaksi pasar terhadap kemenangan mengejutkan Koalisi Liberal National yang dipimpin oleh PM Scott Morrison yang secara tidak terduga memenangkan pemilu atas partai Buruh. Padahal partai Butuh sebelumnya digadang gadang bakal memenangkan pemilu di Negeri Kanguru mengalahkan rivalnya, koalisi Liberal National milik Incumbent.

“Reaksi yang terjadi pada dolar Australia dinilai cukup signifikan karena hasil Pemilu yang mengejutkan. Namun hasil pemilu tidak akan menjadi pendorong besar bagi dolar Australia karena perubahan pemerintahan biasanya tidak mengarah kepada perubahan kebijakan moneter yang besar”, kata Masafumi Yamamoto, kepala strategi mata uang di Mizuho Securities.

Disamping itu, dolar Australia juga mendapat dukungan dari pernyataan Bank Sentral China (PBoC) pada hari Minggu kemarin menegaskan bahwa pihaknya akan menjaga stabilitas Yuan dalam kisaran yang wajar dan seimbang, ditengah potensi gejolak perekonomian, imbas dari perang dagang dengan negeri Paman Sam. ( Mbs-Rifan-Financindo-Berjangka )

Lihat : Rifanfinancindo
Sumber : seputarforex