Rifanfinancindo | Menkeu AS : Pembicaraan Dagang Tingkat Tinggi AS-China 2 Minggu Lagi

Rifan Financindo  –  Menteri Keuangan AS, Steven Mnuchin mengatakan pada hari Senin (24/September) bahwa pembicaraan dagang AS-China akan kembali dilanjutkan dalam kurun waktu 2 minggu dari saat ini. Kabar ini langsung menghapus ketidakpastian di kalangan pelaku pasar usai pertemuan setingkat wakil menteri kedua negara di Washington akhir pekan lalu.

Menkeu AS : Pembicaraan Dagang Tingkat

“Sebenarnya, saya pikir (pembicaraan dagang lanjutan) bukan dilaksanakan minggu depan, tetapi minggu berikutnya lagi kita akan bertemu dengan perwakilan China untuk mengadakan pembicaraan kembali”, kata Mnuchin dalam sebuah wawancara dengan Fox Business Network.

Mnuchin kembali menambahkan bahwa perwakilan kedua negara telah melakukan pembicaraan yang sangat konstruktif sebagai bentuk upaya mengurangi ketegangan dagang dalam pertemuan tingkat wakil menteri (deputi) pada pekan lalu.

Tanda Positif Dari China Muncul, Dolar AS Siap Menguat

Sebelumnya, dolar AS tertekan karena dipicu oleh pasar yang menanggapi secara negatif hasil pembicaraan dagang tingkat wakil menteri pekan lalu, menyusul “insiden” saat delegasi negeri Tirai Bambu membatalkan kunjungan ke kawasan pertanian AS dan mempercepat jadwal kepulangan mereka.

Pelaku pasar melihat pembatalan itu sebagai cerminan bahwa perbedaan mendasar antara AS-China belum terselesaikan saat pertemuan kedua negara minggu lalu. Kondisi ini pula yang menekan pergerakan greenback terhadap safe haven currencies seperti Yen dan Franc Swiss.

Namun, pada awal pekan ini, sentimen pelaku pasar kembali positif, menyusul kabar terbaru yang menyebut China akan segera membeli produk pertanian AS sebanyak 600.000 ton. Hal ini menandai ada itikad baik China untuk memenuhi tuntutan AS dan itu berarti tidak ada masalah yang terjadi atas pembatalan kunjungan delegasi China ke kawasan sentra pertanian AS minggu lalu.

Pada saat berita ini ditulis, Indeks DXY yang mengukur kekuatan greenback terhadap enam mata uang utama berada di kisaran 98.65 atau berada di zona konsolidasi yang sudah terjadi dalam dua pekan terakhir. ( Mbs-Rifan-Financindo-Berjangka )

Lihat : Rifan Financindo
Sumber : Seputarforex