RIFANFINANCINDO PEKANBARU | Employment Change Kanada Kembali Turun, USD/CAD Bergejolak

RIFANFINANCINDO PEKANBARU – Pertumbuhan lapangan kerja Kanada turun untuk kedua kalinya dalam dua bulan terakhir. Selain itu, tingkat pengangguran dilaporkan tidak berubah, stabil dalam Margin yang sama selama kurun waktu empat bulan terakhir. Data pekerjaan yang kurang memuaskan itu membuat pergerakan USD/CAD bergejolak di awal sesi New York malam ini.

Employment Change Kanada turun

Departemen Statistik pada hari Jumat (8/Juni) merilis data Employment Change Kanada bulan Mei yang menurun -7.5k, mematahkan ekspektasi ekonom dalam sebuah jajak pendapat sebelumnya, yang memprediksi lapangan kerja baru Kanada akan bertambah 19.1k di bulan Mei. Sebagai perbandingan, pekerjaan juga menurun -1.1k pada rilis bulan April lalu. Dalam basis tahunan, ekonomi Kanada menambah 238k pekerjaan atau naik 1.3 persen YoY.

Pekerjaan Menurun Untuk Kelompok Usia Produktif

Sepanjang Mei, pekerjaan tercatat turun sebanyak -24k pada kelompok usia inti (25 – 54 tahun), baik dari gender pria maupun wanita. Namun kenaikan sebanyak 29k terjadi pada kelompok usia tua (di atas 55 tahun), mencatatkan pertumbuhan 173k atau naik 4.5 persen YoY. Sementara itu, tingkat pengangguran untuk kelompok usia inti turun 0.2 persen menjadi 5.1 persen.

Kelompok usia antara 15 – 24 tahun tidak mengalami perubahan berarti di bulan Mei, begitu pula dalam basis tahunan. Tingkat pengangguran untuk kelompok usia muda tidak berubah dari bulan lalu, masih di kisaran 11.1 persen.

Jika dilihat berdasarkan kawasannya, Employment Change mengalami sedikit perubahan pada sebagian besar provinsi di Kanada. Pekerjaan baru di Prince Edward Island naik 800 dan tingkat pengangguran turun 1.9 persen menjadi 9.3 persen.

Untuk provinsi British Columbia, pekerjaan turun -12k di periode Mei. Dalam basis tahunan, pertumbuhan pekerjaan tidak mengalami perubahan (stagnan), yang merupakan insiden pertama sejak Mei 2015. Tingkat pengangguran di provinsi ini tercatat sebesar 4.8 persen. Kondisi serupa juga terjadi untuk wilayah Nova Scotia, Quebec, Ontario, dan lainnya.

Sentimen Tak Tentu, Dolar Kanada Cenderung Bergejolak

Pada pukul 20:48 WIB, Loonie mencoba menguat terhadap Dolar AS dan diperdagangkan pada level 1.2989. Dolar Kanada rupanya tidak terlalu menghiraukan data ketenagakerjaan yang cenderung mengecewakan. Pasangan mata uang USD/CAD terpantau bergerak menjauhi level Low harian pada 1.3039.

Disinyalir, sentimen bearish yang masih membebani USD menjadi penahan pelemahan Loonie malam ini. Selain itu, investor masih was-was mengantisipasi hasil G7 Meetings dan rilis berita ekonomi penting pekan depan, seperti pengumuman kebijakan Fed. ( Mbs-Rifan-Financindo-Berjangka )

 

Lihat : RifanFinancindo

 

Sumber : seputarforex