Safe Haven Emas Kembali Diuji

Panduan Fundamental 23 Februari

Rifan Financindo Berjangka ? Pada perdagangan hari ini, kondisi harga masih mengarah kepada percobaan indeks dollar kembali untuk menggapai level diatas 97.70 dengan segera merapatkan barisan menaikkan suku bunga the Fed merebak di pasar sebelum verbal intervensi para pimpinan dari the Fed kembali merubah arah koreksi dari indeks dollar tersebut.

Seperti kita ketahui bahwa alasan dari membaiknya indeks dollar setelah data data ekonomi AS yang terus membaik seperti inflasi, dengan dasar bahwa suku bunga the Fed bisa naik berkali kali ditahun ini sehingga factor safe haven currencies dan commodity bisa terurai perlahan lahan, namun sanggahan sanggahan dari the Fed sendiri dengan alasan kondisi ekonomi global khususnya di zona euro dan Tiongkok bisa membuat suku bunga the Fed bisa tertahan kenaikannya, sehingga ini membuat pasar global jalan ditempat.

Harga minyak dunia juga sempat membaik untuk tes lagi ke level 35.78 atau level bawah 30.55 hari ini, tergantung dari rumor atas kepastian kesepakatan beberapa anggota OPEC dengan Rusia selaku produsen minyak terbesar didunia bisa terjadi dengan cepat dan membuat arah pergerakan makin jelas.

Kejelasan dari harga mnyak ini bisa menggiring arah perdagangan di pasar uang, saham dan komoditi dunia dimana bila harga naik dari minyak bisa menggiring sedikit ke arah tergerusnya safe haven currencies dan commodity disertai membaiknya pasar saham. Dalam hal ini harga emas, obligasi dan euro bisa terkulai.

Hari ini data penting yaitu aktivitas ekonomi Jerman yaitu IFO, dengan mempunyai trend terus meredup sehingga dapat mengarahkan euro ke level 1.0975 kebawah bila data IFO tersebut melemah. Tetapi bila data IFO membaik maka level 1.1090 keatas bisa mudah terjadi.

Inggris juga masih dibayang-bayangi aksi Brexit yang terus merebak yang dapat melemahkan poundsterling, tetapi paling tidak pandangan pasar sejenak dengar pendapat antara bank sentral Inggris dengan komite moneter parlemen Inggris mengenai inflasi sehingga ada peluang poundsterling untuk tes atas di 1.4215 sebelum kebawah level 1.4065.

Selain itu terdapat data sentiment konsumen AS, dengan trend diatas angka 90 sehingga peluang harga emas bisa ke level 1195 lagi sebelum tes low 1165. Namun bila data sentiment konsumen AS dibawah angka 90, maka emas bisa tes level 1214 untuk melejit ke level 1128.

Sumber :?http://financeroll.co.id/expert-comment/safe-haven-emas-kembali-diuji/