Satu Kata untuk Hasil Poling Referendum Yunani: ?TIDAK?

Rifan Financindo Berjangka ? Penghitungan akhir telah terselesaikan dan pemerintah sayap kiri memperoleh hasil yang telak. Dengan 92 persen suara yang didapat, Yunani menolak istilah bailout 61 persen menjadi 39 persen, kata Kementerian Dalam Negeri Yunani.

Para ekonom telah memperingatkan bahwa suara ?tidak? bisa menyebabkan Yunani keluar zona euro. Namun, Perdana Menteri Yunani, Alexis Tsipras, mengatakan bahwa ?tidak? bukanlah mandat untuk ?berselisih? dengan Eropa, dan negara ini siap untuk melanjutkan negosiasi dengan rencana reformasi.

?Dengan keadaan yang sulit saat ini, Anda sudah membuat pilihan yang sangat berani,? kata Tsipras dalam pidato televisi untuk Yunani. ?Saya sepenuhnya menyadari bahwa mandat yang Anda berikan ke saya bukan untuk memisahkan diri dengan Eropa, tetapi mandat untuk memperkuat posisi negosiasi kami demi mencari solusi yang layak.?

Voting ?tidak? mengirim euro turun, jatuh 1,6% menjadi $ 1,0963 dalam perdagangan elektronik sebelum pembukaan pasar Asia.

Tsipras telah mempertahankan suara terhadap proposal reformasi kreditur yang akan memungkinkan dia untuk bernegosiasi ulang (renegosiasi) dengan kreditor negara dalam posisi yang lebih kuat. Hasilnya, kata dia, akan menjadi kesepakatan bailout baru dengan istilah yang lebih baik.

Para kreditur internasional, bagaimanapun, telah mengatakan mereka tidak mau renegosiasi. Jika itu benar, Yunani beresiko keluar dari zona euro. Athena gagal pada pembayaran utang sebesar 1,6 milyar euro ($ 1,8 milyar) kepada Dana Moneter Internasional (IMF) hari Selasa yang lalu.

Menteri keuangan Eurogroup berencana untuk bertemu dan membahas hasil dari referendum Yunani, kata Michel Reijns, juru bicara Ketua Jeroen Dijsselbloem. Pertemuan ini diperkirakan akan berlangsung akhir pekan ini.

Yunani sedang melakukan negosiasi ulang terhadap persyaratan $ 270 milyar program bailout menyusul kemenangan pemilu bulan Januari dari sayap kiri Partai Syriza. Sebelum pemilu nasional, Partai Syriza, yang dipimpin oleh Tsipras, telah melakukan pemberontakan terhadap pemotongan anggaran dan langkah-langkah penghematan lainnya yang diamanatkan dalam bailout. Pemerintah konservatif Yunani sebelumnya telah sepakat untuk persyaratan bailout.

Pembicaraan antara Yunani dan kreditor internasional telah terhenti beberapa kali dalam empat bulan terakhir. Yunani mencapai kesepakatan dengan Uni Eropa pada bulan Februari untuk mendapatkan 7 milyar euro dana bailout tambahan dalam pertukaran untuk reformasi ekonomi. Kesepakatan itu menegaskan bahwa dana tidak akan cair sampai pemerintah sayap kiri Tsipras menyampaikan rencana reformasi yang telah disetujui oleh ?troika,? yaitu Dana Moneter Internasional (IMF), Bank Sentral Eropa (ECB), dan Komisi Eropa.

Sumber :?http://financeroll.co.id/news/satu-kata-untuk-hasil-poling-referendum-yunani-tidak/