Semenanjung Korea Kian Panas, Emas Dekati High 1 Tahun

Rifanfinancindo Pekanbaru  –  Harga Emas melonjak cukup signifikan pada hari Senin (4/9) dikarenakan Investor lebih banyak membeli aset Safe Heaven ditengah kian panasnya ketegangan semenanjung Korea pasca Rezim Kim-Jong-Un berhasil melakukan uji coba bom hidrogen.

Semenanjung Korea Kian Panas, Emas

Emas terpantau langsung melejit lebih dari 1 persen, saat pembukaan perdagangan awal pekan hingga mendekati level tertinggi 12 bulan terakhir. Perlemahan Dollar AS juga ikut mendorong logam mulia seperti Emas terus naik, apalagi setelah rentetan rilis data Fundamental AS pekan lalu tidak begitu mengembirakan ditambah kecemasan Investor mengenai dampak dari Badai Harvey terhadap perekonomian Paman Sam.

Kondisi geopolitik yang semakin panas serta disaat performa Greenback terus tertekan berpotensi menjadikan harga Emas stabil di level tinggi, menurut pernyataan Tom Kendall, Kepala Analis Strategi Komoditas ICBC Standard Bank.

“Tensi Geopolitik di Semenanjung Korea dan kondisi dimana prospek Rate Hike Fed terlihat Jinak serta masih belum ada pernyataan terbaru dari Fed baru baru ini berhasil mendorong Emas”, ucap Tom Kendall.

Emas Punya “Amunisi” Untuk Terus Naik

Harga Emas yang bergerak di kisaran $1,330 – $1,339 per ounce sejak sesi Asia hingga malam ini setelah melompat (Gap) dari $1,324.9 pada penutupan perdagangan pekan lalu. Gap yang tidak tertutup tersebut terjadi lantaran saat ini Investor tengah menanti kondisi terkini terkait krisis Semenanjung Korea.

Dari pihak Korea Selatan sendiri melaporkan pada hari Senin telah berdialog dengan AS terkait penempatan Pesawat tempur dan peralatan militer AS setelah ada tanda tanda bahwa Korea Utara akan meluncurkan lebih banyak rudal.

“Secara teknikal, target Emas selanjutnya yakni pada $1,375 yang merupakan level tertinggi 12 bulan setelah Brexit Vote tahun lalu”, ucap Tom Kendall.

“Jika anda memiliki model trading berdasarkan momentum maka tidak akan melihat adanya overbought pada harga Emas karena saya pikir bisa kembali naik hingga level 1,375”, Kendall menambahkan.

Pada pukul 19:56 WIB, Emas diperdagangkan pada level $1,334.6 per ounce setelah sempat menyentuh high harian 1,339 di awal sesi Eropa tadi sore. Sementara itu harga Emas Berjangka AS untuk pengiriman bulan Desember seharga $1,339.3 per ounce. ( Mbs-rifan financindo berjangka )

Sumber : seputarforex