Senin Pagi, Harga Emas Terpantau Turun

Rifan Financindo Berjangka ? Perdagangan bursa komoditas berjangka di hari Senin(22/6), harga emas dan perak terpantau mengalami penurunan dengan diperdagangkan lebih rendah setelah berhasil ditutup menguat di sesi sebelumnya, ketika memuncaknya kekhawatiran atas ancaman default Yunani dan kenaikan tingkat suku bunga oleh The Fed.

Berlangsungnya perdagangan di sesi Asia, emas berjangka pengiriman Agustus telah diperdagangkan lebih rendah 0.27% di level $1.198.60 per troy ounce di divis Comex, New York Mercantile Exchange. Sejak pagi ini, pegerakan harga emas terlihat telah bergerak menyentuh level $1.196.60 untuk sesi terendah harian dan level $1.200.80 untuk sesi tertinggi harian.

Sedangkan untuk perak berjangka pengiriman Juli telah diperdagangkan lebih rendah 0.25% di level $16.068 per troy ounce. Pergerak harga perak pada pagi hari ini telah terpantau menyentuh level $16.053 untuk sesi terendah harian dan level $16.102 untuk sesi tertinggi harian.

Harga emas terlihat mengalami sedikit penurunan pada pagi ini, setelah berhasil membukukan kenaikan mingguan pada pekan lalu. Dukungan menguatnya harga logam berjangka tersebut telah dipengaruhi oleh hasil laporan pertemuan kebijakan The Fed yang memutuskan untuk menunda kenaikan suku bunga acuan dengan mempertahankannya pada level rendah atau sebesar 0.25%.

Meski demikian, kekhawatiran atas perkembangan di wilayah Yunani juga telah menjadi pendorong menguatnya harga logam untuk mengalami penguatan pada pekan lalu. Hingga saat ini, proses negosiasi diantara Yunani dengan kreditur Eropa masih belum menuai hasil kesepakatan.

Jumat lalu, Bank Sentral Eropa telah menambahkan likuiditas darurat kepada bank Yunani karena terus berlanjutnya arus uang yang keluar dari bank. Pada dasarnya, Eropa ingin secepatnya mencapai kesepakatan terhadap Yunani guna mengamankan Athena dari ancaman default yang jatuh pada akhir bulan Juni ini.

Sementara itu, minimnya laporan ekonomi kondisi pasar akan cenderung lebih tenang pada perdagangan pagi ini. Lain halnya dengan perdagangan sejak sore hingga malam nanti, dimana pasar akan dihadapkan dengan laporan ekonomi AS dan hasil pertemuan kelompok Uni Eropa.

Sumber :?http://financeroll.co.id/news/senin-pagi-harga-emas-terpantau-turun/