Sentimen Konsumen AS Membaik

Rifan Financindo Berjangka – Sentimen konsumen China meningkat bulan ini dari rekor terendahnya seiring perbaikan lapangan kerja dan konsumen semakin optimis dengan prospek bisnis ke depan, hasil survei menunjukkan.

China-economyIndeks sentimen konsumen dari Westpac MNI naik ke 113,1 di Nopember dari 109,7 di Oktober, yang merupakan angka terendah sejak survei itu dimulai pada 2007. Menurut Matthew Hasan, ekonom dari Westpac, pelonggaran kebijakan yang dilakukan oleh bank Sentral (PBOC) ternyata membantu kepercayaan.

PBOC bulan lalu memangkas suku bunga sebesar 25 bps menjadi 4,35% dalam rangka menggairahkan ekonomi yang melambat, dimana pertumbuhan berada di level terendah sejak 2009. Itu merupakan salah satu langkah pelonggaran yang diambil PBOC sejak akhir tahun lalu.

Hasil survei tersebut menyebutkan responden optimis mengenai prspek keuangan ke depan dan pembelian barang tahan lama terlihat membaik, meski masih rendah. Para responden juga berharap meningkatkan pembelanjaan barang tersier, termasuk rumah dan hiburan.

Pasar perumahan China masih lesu, seperti ditunjukkan lewat indeks ekspektaqsi harga rumah yang turun untuk tiga bulan berturut-turut. Namun hasil survei menunjukkan konsumen tetap optimis bisa berpartisipasi di pasar properti.

Berita fundamental ekonomi di hari selasa (28/6), menunjukkan bahwa sentimen konsumen Amerika telah mengalami kenaikan pada bulan Juni diatas perkiraan analis

Berdasarkan laporan resmi yang dirilis oleh University of Michigan menyebutkan bahwa sentimen konsumen AS telah mengalami kenaikan, yang disesuaikan secara musiman menjadi 98.0 di bulan Juni dari 92.6 di bulan Mei.

Survei ekonom memperkirakan bahwa sentimen konsumen akan mengalami kenaikan yang disesuaikan secara musiman menjadi 93.2 di bulan Juni. Pasca dirilisnya data tersebut, EURUSD terpantau menguat 0.33% di level 1.1060, GBPUSD melemah 1.21% di level 1.3382.(Mbs – Rifan Financindo Berjangka ).

Sumber :?financeroll