Sepekan Lalu, Rupiah Menguat 10 Poin

Rifan Financindo Berjangka –?Dalam sepekan terakhir, nilai tukar rupiah mampu menguat 0,69% terhadap dolar AS. Di antara katalisnya adalah penguatan harga minyak.? ?Berdasarkan kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) yang dilansir Bank Indonesia (BI) menguat sebesar 10 poin (0,69%) ke posisi 12.910 per dolar AS pada pekan yang berakhir Jumat (10/4) dibandingkan akhir pekan sebelumnya 13.000 per Kamis (2/4).

Sempat mengalami pelemahan, laju rupiah berakhir positif. ?Di awal pekan belum juga beranjak dari zona merah. Kembali munculnya ketidakpastian di Yunani yang berimbas pada pelemahan nilai euro hingga berbalik turunnya harga minyak mentah membuat laju dolar AS berkesempatan mengalami kenaikan.

Kurs rupiah pun kembali terkena imbas sehingga melanjutkan pelemahannya.? Di hari lainnya, meski laju Euro masih melanjutkan pelemahannya seiring meningkatnya ketidakpastian di Yunani namun, laju rupiah mampu beranjak ke zona hijau dan melampaui kekhawatiran sebelumnya.? Imbas dari meningkatnya penyerapan lelang SUN di hari sebelumnya yang menghasilkan angka bid to cover ratio lebih besar dari lelang SUN sebelumnya memberikan imbas yang cukup positif.

Selain itu, rilis inflasi sebesar 0,17% yang lebih rendah dari perkiraan kami 0,43% dan konsensus 0,19% serta dibarengi dengan meningkatnya laju Yen dan Yuan seiring ekspektasi akan perbaikan ekonomi masing-masing juga turut memberikan imbas positif sehingga laju rupiah dapat melanjutkan penguatannya.? Berbeda dengan IHSG yang cenderung melemah, laju positif rupiah masih terjadi jelang libur panjang. Tampaknya sentimen dari berbalik naiknya laju harga minyak seiring turunnya cadangan minyak AS dan kekhawatiran gagalnya kesepakatan pembicaraan nuklir Iran dan lemahnya data-data AS membuat laju dolar AS melemah.

Kondisi itu memberikan kesempatan bagi rupiah untuk menguat jelang akhir pekan. Apalagi penguatan ini juga didukung sejumlah penguatan sejumlah mata uang kawasan. Rupiah berpeluang melaju dalam kisaran support-resisten 13.080-12.955 mengacu pada kurs tengah BI.

Sumber :?http://financeroll.co.id/news/sepekan-lalu-rupiah-menguat-10-poin/