Sore Ini, Euro Menguat Tipis

RIFAN FINANCINDO BERJANGKA ? Berita forex di hari Rabu(31/8), euro tengah mengalami penguatan tipis terhadap dollar AS setelah membukukan penurunan di sesi sebelumnya akibat permintaan greenback yang meningkat menjelang dirilisnya laporan ADP Nonfarm malam ini.

Berlangsungnya perdagangan di sesi Eropa, EURUSD terpantau naik 0.05% dengan diperdagangkan pada level 1.1150 dimana pasangan tersebut telah bergerak menyentuh level low di 1.1130 dan level high di 1.1193. Sedangkan untuk index euro, yang memperlihatkan performa mata uang tunggal Eropa telah terpantau turun 0.02% di level 88.83.

Sore ini, euro tengah mencoba membatasi penurunan yang telah tercatat sejak awal pekan ketika permintaan greenback terus meningkat akibat semakin besarnya keyakinan pasar terhadap langkah The Fed yang akan segera menaikan suku bunga mereka dalam beberapa pertemuan kebijakan jelang akhir tahun 2016.

Di sisi lain, serangkaian laporan fundamental dari negara yang memiliki ekonomi terkuat di Uni Eropa masih menemui hambatan khususnya di sektor tenaga kerja. Pertumbuhan lapangan pekerjaan di wilayah Jerman masih mengalami penurunan, namun sedikit membaik dari hasil sebelumnya.

Berdasarkan laporan resmi yang dirilis oleh German Federal Employment Agency menyebutkan bahwa pertumbuhan lapangan pekerjaan Jerman masih terpantau rendah, yang disesuaikan secara musiman menjadi -7K di bulan Agustus setelah -8K di bulan Juli. Di waktu yang bersamaan, German Federal Employment Agency melaporkan bahwa tingkat pengangguran di wilayah Jerman terpantau stabil di angka 6.1% pada bulan Agustus dari 6.1% di bulan Juli.

Pada laporan terpisah lainnya, Eurostat menyebutkan bahwa pertumbuhan inflasi konsumen zona euro mengalami kenaikan 0.2% di bulan Agustus setelah naik 0.2% di bulan Juli. Sedangkan untuk pertumbuhan inflasi konsumen inti zona euro telah mengalami kenaikan 0.8% di bulan Agustus setelah naik 0.9% di bulan Juli. Secara keseluruhan, pertumbuhan inflasi konsumen zona euro masih dikategorikan stabil meski pertumbuhan tercatat lebih rendah dari perkiraan.

Sementara itu, serangkaian laporan fundamental ekonomi AS nanti malam diperkirakan akan kembali menguji pergerakan mata uang euro terhadap dollar AS. Laporan tersebut meliputi sebuah data ADP Nonfarm atau pertumbuhan lapangan pekerjaan swasta, PMI Chicago, dan penjualan rumah tertunda di wilayah AS.(Mbs-rifan financindo berjangka)

Sumber :?financeroll