Sore Ini, Harga Emas Tertekan

Rifan Financindo Berjangka ? Perdagangan bursa komoditas berjangka di hari Selasa(7/7), harga emas dan perak terpantau diperdagangkan lebih rendah ketika Bank Sentral Eropa perketat pendanaan darurat untuk perbankan Yunani.

Berlangsungnya perdagangan di sesi Eropa, emas berjangkan pengiriman Agustus telah diperdagangkan lebih rendah dengan mencatat penurunan sebesar 0.02% di level $1.166.40 per troy ounce di divisi Comex, New York Mercantile Exchange. Sejak perdagangan pagi ini, harga emas terlihat telah bergerak menyentuh level $1.165.80 untuk sesi terendah harian dan level $1.169.80 untuk sesi tertinggi harian.

Sedangkan untuk perak berjangka pengiriman September telah diperdagangkan lebih rendah 0.27% di level $15.588 per troy ounce dimana pergerakan harga terpantau bergerak menyentuh level $15.582 untuk sesi terendah harian dan level $15.720 untuk sesi tertinggi harian.

Harga emas terlihat mendapat tekanan pada hari ini ketika Bank Sentral Eropa melakukan pengetatan pada pendanaan darurat untuk perbankan Yunani. Prancis dan Jerman meminta Yunani untuk menyerahkan proposal yang serius untuk memulai kembali perundingan bantuan keuangan sehari setelah hasil referendum menunjukkan penolakan atas pengetatan kebijakan ekonomi. Kanselir Jerman Angela Merkel dan Presiden Prancis Francois Hollande menyatakan Athena harus bergerak cepat jika ingin mencapai kesepakatan bantuan utang dengan imbalan reformasi. Kalau tidak, negara itu akan keluar dari zona euro.

Untuk meningkatkan tekanan terhadap PM Yunani Alexis Tsipras menjelang KTT zona euro hari ini, bank sentral Eropa (ECB) memutuskan untuk memperketat pendanaan pada bank-bank Yunani sebagaimana dikutip Reuters, Selasa. Hanya dana darurat dari ECB yang bisa membuat bank beroperasi dan menyelamatkan Yunani dari kekacauan ekonomi.

Sementara itu di wilayah Amerika, gejolak pergerakan harga emas nantinya berpotensi mengalami pergeseran harga ketika dirilisnya laporan neraca perdagangan AS. Sejalan dengan laporan tersebut, apabila memperlihatkan pemulihan pada ekonomi Amerika maka harga emas berpeluang alami penurunan. Namun sebaliknya apabila ekonomi AS terhambat maka harga emas berpotensi alami kenaikan.

Sumber :?http://financeroll.co.id/news/sore-ini-harga-emas-tertekan/