USDJPY Melemah Pasca Data Jepang

Rifan Financindo Berjangka ? Pergerakan pasar mata uang di hari Kamis(19/11), yen terpantau menguat terhadap dollar AS setelah dirilisnya laporan ekonomi Jepang pagi ini.

Berlangsungnya perdagangan di sesi Asia, pasangan USDJPY melemah 0.06% di level 123.54. Sedangkan terhadap mata uang utama lainnya, pasangan EURJPY menguat 0.08% di level 131.88 dan GBPJPY melemah 0.02% di level 188.32.

Yen terlihat berupaya bangkit dengan mengalami penguatan terhadap dollar AS pada pagi ini setelah dirilisnya laporan ekonomi Jepang. Berdasarkan laporan resmi yang dirilis oleh Menteri Keuangan menyebutkan bahwa defisit neraca perdagangan Jepang telah mengalami penurunan yang disesuaikan secara musiman menjadi -0.20T di bulan Oktober dari -0.31T di bulan September.

Meski demikian, di sesi sebelumnya yen Jepang terlihat mengalami penurunan tajam ketika permintaan greenback mengalami kenaikan ditengah spekulasi bahwa The Fed akan menaikan suku bunga di bulan Desember mendatang. Berdasarkan hasil laporan pertemuan kebijakan Bank Sentral AS dini hari tadi, pejabat resmi Federal Reserve mengisyaratkan bahwa Desember nanti merupakan waktu yang tepat untuk menaikan tingkat suku bunga dari level rendah yang dekat dengan nol saat ini. Hal ini telah memperlihatkan dua keyakinan bahwa The Fed siap untuk menarik suku bunga beranjak pergi dari level rendah dengan melawan reaksi pasar yang nantinya bergejolak secara tiba ? tiba.

Sumber :?http://financeroll.co.id/news/usdjpy-melemah-pasca-data-jepang-2/