USDJPY Terpantau Turun Pasca Bukukan Kenaikan Mingguan

Rifan Financindo berjangka ? Pergerakan pasar mata uang di hari Senin(29/2), yen terpantau menguat terhadap dollar AS setelah dirilisnya beragam hasil laporan fundamental ekonomi Jepang pagi ini.

Berlangsungnya perdagangan di sesi Asia, pasangan USDJPY bergerak turun 0.17% di level 113.82. Sedangkan pasangan EURJPY terpantau melemah 0.26% di level 124.31 dan GBPJPY melemah 0.33% di level 157.64.

Yen terpantau bergerak mengalami penguatan terhadap beberapa mata uang utama lainnya ketika beragam hasil laporan fundamental ekonomi Jepang hari ini. Berdasarkan laporan resmi yang dirilis oleh METI menyebutkan bahwa penjualan ritel Jepang mengalami penurunan sebesar 0.1% pada bulan Januari setelah turun sebesar 1.1% di bulan Desember.

Di waktu yang bersamaan, METI juga melaporkan bahwa hasil produksi industri Jepang mengalami kenaikan 3.7% di bulan Januari setelah alami penurunan 1.7% di bulan Desember dan untuk basis tahunan, hasil produksi industri Jepang mengalami penurunan 3.8% di bulan Januari setelah turun 1.9% di bulan Desember.

Meski demikian, pada pekan lalu pergerakan USDJPY telah berhasil membukukan kenaikan mingguan dengan menyentuh level tertinggi di 113.97. Kenaikan tersebut telah dipengaruhi oleh membaiknya pertumbuhan ekonomi di wilayah AS. Berdasarkan laporan resmi yang dirilis oleh Biro Analis Ekonomi menyebutkan bahwa pertumbuhan domestik bruto AS mengalami kenaikan 1.0% di kuartal empat dari sebelumnya alami kenaikan sebesar 0.7%.

Sementara itu, pada laporan terpisah lainnya yang dirilis oleh Biro Analis Ekonomi menyebutkan bahwa pendapatan pribadi warga AS mengalami kenaikan 0.5% di bulan Januari setelah mengalami kenaikan 0.3% di bulan Desember dan untuk belanja pribadi warga AS mengalami kenaikan 0.5% di bulan Januari setelah tetap 0.0% di bulan Desember.

Melengkapi perdagangan pekan lalu, sebuah laporan dari?University of Michigan?menyebutkan bahwa sentimen konsumen AS telah mengalami kenaikan, yang disesuaikan secara musiman menjadi 91.7 di bulan Februari dari 90.7 di bulan Januari.

Sumber :?http://financeroll.co.id/news/usdjpy-terpantau-turun-pasca-bukukan-kenaikan-mingguan/