Yen Menguat Jelang Laporan Ekonomi Jepang

Rifan Financindo Berjangka ? Pergerakan pasar mata uang di hari Kamis(2/4), yen terpantau menguat terhadap dollar AS menjelang diirlisnya laporan ekonomi Jepang pada pagi ini.

Berlangsungnya perdagangan di sesi Asia, USDJPY telah melemah 0.07% di level 119.67 dimana pasangan ini telah terpantau bergerak menyentuh level 119.65 untuk sesi terendah harian dan level 119.75 untuk sesi tertinggi harian.

Yen terlihat mendapat dukungan untuk menguat terhadap dollar AS pada pagi hari ini setelah permintaan greenback mengalami penurunan ditengah melambatnya pertumbuhan ekonomi Amerika di sesi sebelumnya.

Berdasarkan laporan resmi yang dirilis oleh?Automatic Data Processing, Inc.?menyatakan bahwa pertumbuhan lapangan pekerjaan AS telah bertambah sebanyak 189K di bulan Maret, dimana pertumbuhannya melambat setelah naik sebanyak 214K di bulan Februari.

Sedangkan laporan terpisah lainnya yang dirilis oleh?Institute for Supply Management?menyatakan bahwa aktifitas manufaktur Amerika atau PMI Manufaktur telah mengalami penurunan yang disesuaikan secara musiman menjadi 51.5 di bulan Maret dari 52.9 di bulan Februari.

Sementara itu, pergerakan mata uang Jepang pada pagi ini akan terlihat kembali ketika pasar tengah menanti laporan basis moneter Jepang pada pukul 06.50 waktu Jakarta. Survei ekonom telah memperkirakan bahwa pertumbuhan basis moneter Jepang akan mengalami kenaikan sebesar 35.3% di bulan Maret, dimana melambat dari bulan sebelumnya yang naik sebesar 36.7%.

Sejalan dengan perkiraan ekonom tersebut, maka potensi yen untuk bergerak melemah dapat terjadi. Akan tetapi apabila basis moneter Jepang tumbuh lebih baik dari bulan sebelumnya maka hal ini merupakan peluang bagi yen untuk mengalami penguatan.

Sumber :?http://financeroll.co.id/news/yen-menguat-jelang-laporan-ekonomi-jepang/